Maret 07, 2012

Kenali Temperamen pada Diri Anda!




Kalo kita pikir² lagi, kenapa ya, kita bisa suka sama orang itu?Padahal dia kan beda banget ma kita.Kita cerewet, dia pendiem.Kita orangnya buru², dia orangnya kalem banget. Tapi kok bisa suka sih?
Itu sebenarnya kerjaaannya si Tempramen.Apa itu tempramen? Tempramen itu singkatnya gabungan sifat² yang kita dapatin dari ortu kita.

Kata ahli temen gw yg kul di Jurusan Psikologi seeh, ada 4 Tempramen yang di punyai manusia:


KOLERIK
    Berasal dari bahasa latin kole, yang berarti empedu. Empedu memiliki rasa pahit, sehingga sifat orang bertipe kolerik itu agak pahit. Maksudnya, orang kolerik ini bersifat tegas dan berani, namun kelemahannya adalah terkadang ia bisa menjadi kejam dan tega pada orang lain. Orang dengan tipe kolerik ini cocok menjadi figur seorang pemimpin.
    Orang kolerik mirip² sama orang sanguin, sama² cerewet, humoris, cuma kalo di bandingin sama orang sanguin teteup kalah jauh. Kelebihan orang kolerik itu di kemampuan mereka dalam memimpin. Mereka itu emang dilahirkan sebagai pemimpin sejati. Cuman sayangnya mereka itu orang yang keras kepala, kasar, gak sabaran, sama egois.


SANGUIN
    Pernah ketemu sama orang yang cerewet, selalu ceria, humoris, punya banyak teman?Nah itu dia ciri² orang Sanguin. Mereka itu emang terlahir kayak gitu.Tapi biar kesannya ceria, humoris, rame, orang sanguin sebenarnya egois, gampang emosi, gak rapih, gak bisa diem, jadi suka mengganggu orang lain.
    Berasal dari bahasa latin yang berarti darah. Darah selalu mengalir dengan 'semangat' tanpa henti ke seluruh tubuh setiap saat. Karena itu, orang dengan tipe sanguin ini biasanya, pandai bicara, ramah, dan bisa menghidupkan suasana. Kelamahannya adalah sering bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu alias ceroboh. Jika kamu menangis, lalu tiba² tertawa (emosi labil, bukan gila lho yaa...), berarti kamu juga termasuk tipe sanguin ini. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah aktor, entertainer, atau MC.


PLEGMATIK
    Ada orang² yang kayaknya ga' punya emosi. Mau disekitarnya ada kebakaran, ada kecelakaan, dia tetep aja cuek. Nah ini dia ciri utama orang Plegmatik. Saking cueknya kadang orang suka jadi kesel sama orang plegmatik. Tapi biar cuek, orang plegmatik itu orang yang enak diajak ngomong, bisa diandalkan, teratur, en humoris.
    Berasal dari bahasa lain flekem, yang berarti limfe. Pembuluh limfe yang lembut dan bekerja secara pelan ini cocok untuk menggambarkan orang dengan tipe lembut, sabar, dan tenang. Namun kelemahannya adalah pendiam dan sering berpikir secara lambat. Pekerjaan yang cocok untuk tipe ini adalah menjadi penasehat atau guru BP.


MELANKOLIK
    Kalo ada orang yg paling gampang sedih, gampang tersinggung, pengennya semua sempurna, curigaan, nah itu orang Melankolik. Tapi biar gitu orang melankolik itu orang yang rajin, setia, kreatif, simpatik, disiplin.
    Berasal dari bahasa latin melan, yang berarti cairan hitam (gelap). Tipe orang melankolik adalah memliki perasaan sensitif dan romantis. Kelemahannya adalah sering ragu² dalam mengambil keputusan, sedih, dan introvert. Tetapi biasanya tipe melankolik ini memiliki kepandaian karena sifatnya yag pemikir. Pekerjaan yang cocok adalah filsuf, ilmuwan, atau dokter.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber : http://andreannus.multiply.com/journal/item/76?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar