Agustus 09, 2012

Yup! That’s my Daddy



Selamat pagi bloggers. Gimana kabar kalian? Gue harap kalian sehat-sehat aja yah. Dan yang buat elo-elo yang sakit, gue doain cepat. Cepat sembuh maksudnya. Pagi ini, entah kenapa gue inget sama bokap gue. Maksudnya bukan ingat seperti yang kalian pikir. Maksud gue, gue ingat tentang memori-memori yang pernah terjadi (sesuatu yang terjadi) bersama bokap gue. Nah, hari ini gue mau posting tentang siapa ayah gue.

Bukan! Gue bilang gitu bukan maksud gue mau nyarik ayah gue yang hilang. Bener sumpah, ayah gue gak hilang kok. Gue masih kenal siapa ayah gue. Maksudnya gue mau ngenalin elo sama bokap gue. Hehehe. (Tapi kayaknya gak penting deh untuk dibaca)
Oia, sebelumnya gue mau bilang sebelum lo baca posting ini, mending lo baca dulu deh posting gue yang tentang ayah



Ayah…

Begitulah gue memanggil beliau. Terlintas pikiran saat-saat gue kecil dulu kalo udah denger sebutan ayah, gue langsung keringat dingin. Gue demam. Gue diare tiga hari tiga malam. http://eemoticons.net Gue takut sama beliau. Karena yang gue tau waktu itu, sosok ayah adalah hal yang paling killer dari ibu Sum. Ibu Sum itu adalah guru semasa gue SD dulu. Dia mengajar dikelas tiga. Yang jelas ingatan tentang ibu Sum yang gak-bakal-gue-lupakan adalah saat masuknya dokter-dokter buncit dan suster-suster ngesot dikelas gue. Gue panik setengah mampus.

‘Mampus gue! Ini pasti ada acara suntik-suntikan’. Iya. Dulu gue paling takut sama jarum suntik. Dan benar. Hari ini ada acara yang entah kenapa semua siswa-siswinya akan disuntik mati. Dan waktu giliran gue maju kedepan buat ngerasain tajamnya jarum suntik itu dari si suster ngesot, gue ngacir ke bawah kolong meja. Gue nangis. Gue nangis terisak-isak.
Dan SHIT. Ibu Sum narik-narik kaki gue. Diseretnya kaki gue sampi gue keluar dari kolong.http://eemoticons.net
“Heh noval! Kamu jangan jadi penakut gitu dong! Kayak mau disunat aja.”
Sementara gue masih menahan diri untuk tetap balik ke kolong. Gue tarik kaki temen sebangku gue. “Ih, jangan pegang-pegang!” begitu katanya.
Tapi pertahanan gue kalah sama besarnya badan bu Sum yang sebelas-duabelas ama bulldozer.
Gu berdiri didepannya dan PLAK! Gue di tampar. http://eemoticons.net
“Kamu cengeng banget sih. Kamu takut sama jarum suntik?” tanya bu Sum
“Enggak bu”
“Lantas kenapa kamu menangis?”
Gue malu untuk bilangnya ke bu Sum.
“Kenapa kamu menangis?” tanya nya sekali lagi
“Saya sesak berak bu. Saya udah kecirit nih. Boleh saya permisi ke kamar mandi?”http://eemoticons.net
Dan GUBRAK! Semua nutup hidung berharap gak tercium sama baunya pup gue yang lebih mematikan dari obat bius.

Oke. Cerita kecirit tadi Cuma karangan gue doing. Soal di tampar itu adalah benar. Gue di tampar sama dia Cuma gara-gara gue gak mau ikut suntik. Waktu itu gue belum bisa mikir.
‘Hak gue dong mau ikut suntik apa enggak. Yang namanya takut mau gimana lagi’
Dan akhirnya gue gak jadi ikut suntik. Sementara teman-teman gue pada nangis. ‘Mampus lo. Sok-sok kuat kan. Nangis juganya’

Eh, tunggu dulu.. perasaan gue mau cerita tentang bokap gue deh. Lah kok ke bu Sum sih? Yang jelas, bokap gue dan bu Sum itu gue yakin gak ada hubungan apa-apa. Gue percaya, bokap gue masih bisa milih antara wanita dengan bulldozer.http://eemoticons.net

Back to my story.
Namun ketika gue beranjak SMA, ketakutan gue sama bokap sedikit demi sedikit memudar. Pasalnya waktu itu, tepat memasuki tahun ajaran baru kelas sebelas. Waktu itu gue berhasil dapat kelas IPA 1. Dan dibulan pertama ajaran baru, gue gak masuk. Mungkin kurang lebih sebulan.
‘Kenapa val?’

Gue sakit. Gue divonis sakit radang paru. Menurut ronsen dan kata dokternya ada cairan lendir di permukaan paru-paru gue yang membuat gue sulit untuk bernafas. Iya, gue harus akui terkadang gue merasak sesak dibagian dada. Dan karena penyakit itu, gue musti dirawat di rumah sakit selama sepuluh hari. Terus dua puluh hari nya gue habiskan dirumah. Soalnya gue gak betah di rumah sakit.
Kalian tau gak, waktu itu yang sering nengokin gue ya bokap gue itu. Beliau rela bolak-balek rumah-RS yang gue tau jaraknya sangat jauh buat liatin keadaan gue. Bukan cuma itu yang buat gue tersentuh, tapi pas malam harinya ketika hendak gue mau tidur. Beliau menangis. Didepan gue. Gue gak tau itu air mata karena prihatin sama keadaan gue atau air mata karena gue selalu ngerepotin beliau. Dan menurut gue, ketika seorang pria menangis berarti beban yang ditanggung nya terlampau besar. Gue gak percaya.
Bokap gue? Nangis didepan anaknya?
Dan jujur, ini adalah kali pertama dalam enam belas tahun gue ngeliat langsung air mata seorang ayah. Awalnya gue ragu kalo bokap gue katanya sayang sama gue. Tapi setelah melihat ini, gue percaya. Bukannya terlalu melakonlis, tapi air mata beliau nular ke mata gue. Iya. Gue jadi ikutan nangis.http://eemoticons.net
(Duuh,. Ceritanya jadi sedih gini yah. Oyeah! Gue berhasil buat kalian nangis)

Setelah kejadian itu, hari demi hari yang gue habiskan di rumah dengan meminum obat yang gak ada nikmatnya sedikitpun, gue pasang tekad untuk sembuh. Dan alhasil, berangsur-angsur kesehatan gue membaik. Tapi gue tetap harus minum obat selama enam bulan berturut-turut dan gak boleh kelewatan satu hari pun. Ini bener-bener hal yang paling nyesek dibanding dengan kecirit tadi. (eits, kecirit tadi kan cuma ngarang oi)
“Karena malam itu, gue janji untuk terus menjaga kesehatan gue.
Karena malam itu, gue berjanji untuk tidak lagi ngerepotin orangtua gue.
Karena malam itu, akhirnya gue tau bokap gue sangat menyayangi keluarganya.
Karena malam itu, gue terus mengingatnya sepanjang malam.
Karena malam itu, gue terus melangkah diatas amanah yang telah beliau berikan.
Dan karena malam itu, gue gak pernah lupa untuk selalu mendoakan orang tua gue.”

Ayah, bapak, papa, abi, abah atau apapun untuk sebutan beliau percayalah, kasih sayang beliau nyata. Dan akan selalu menyertai keluarganya. Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis. Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa "KAMU BISA" dalam segala hal.

Oke, sekian dulu dari gue. Setelah kalian baca ini jangan ganggu gue ya. gue mau melamun. Kalo kalian mau kasih komentar ya silahkan. Udah ada tempatnya kok. Ceritakan juga yah hal yang paling mengesankan apa yang pernag lo alami bareng bokap lo di kotak komentar di bawah ini. 




20 komentar:

  1. Wah, Nauval sayang banget sama ayahnya yaa :)
    Semoga sehat selalu buat ayahnya nauval ^^

    -sofia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,. Makasih ya mbak Sofi...


      #Sofia, nama yg bagus ^^

      Hapus
  2. ayah ya? eummm hufff *tariknafas* timbal balik kita bang haha :D
    eleh kok cewe aja kenceng -_____-

    BalasHapus
  3. timbal balik?
    Walaupun begitu, berdoalah untuknya :)
    semoga surga bisa menjadi hadiah bagimu nanti

    #eaakk xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em. iyaa. aaa maaciw :D alhamdulillah bisa bijak jugaaa *kabuuurr*

      Hapus
  4. serius Val, aku baca tulisan ini jadi berkaca-kaca
    ayaahhhhhhh sosok yang luar biasa, gak nyangka ayah kamu sesayang itu padamu, sampai nangis di depanmu, aku yakin beliau takut kehilangan kamu Val :( sedih banget, benar2 melow :( huaaaa hikss hiksss
    aku ga bisa bayangin kalo ayahku semelow itu,

    btw bu Sum galak juga yaa.. makanya jangan ngeyel, mau disuntik aja pakai acara ngumpet di kolong hahahahahhaa
    tapi emang sih zaman SD sering banget suntik2 begituan hufffc

    BalasHapus
  5. Hiks. Pengen nangis bacanya. Seriusan.
    Aku juga sering banget ngerepotin Bapak. Im Daddy's little girl. Selamanya bakal tetep gitu. Sebesar apa pun, beliau bakal anggap aku gitu. Bapak nggak pernah ngebolehin aku pulang malem kalo UKM. Beliau selalu jemput aku di sela-sela kesibukannya. Dan yang paling sedih, waktu bapak tau kalo aku punya pacar. Ada ekspresi nggak rela yang sedikit tersirat di wajahnya. Aku tau kalo beliau takut buat kehilangan anak perempuannya. He loves me:')

    Ah maaf malah curhat. Terbawa suasana. Tapi intinya, selama ayah masih ada, kita harus jaga beliau sebisa mungkin. Harus selalu bikin beliau bangga dan terus doain biar panjang umur dan terus sehat.

    Nice post banget ini!

    BalasHapus
  6. Ya Allah,.. semoga diberikan kesehatan selalu untukmu dik..
    Radang paru yang kau derita semoga lekas disembuhkan...

    Yang sabar ya dik...

    BalasHapus
  7. ceritanya hampir sama nih... 2 bulan kemaren gw di vonis ganteng sama dokter ... haiiih salah.. di vonis kena tipes .. gw kira itu hanya demam biasa... dan alhasil gw 2 minggu terkapar dan gak ada makanan apapun yg enak masuk ke mulut gw.
    tengah malem bokap ngebela2in keluar rumah demi membeli susu cap beruang dan obat dari apotik, beliau kelihatannya memang cuek.. tp setiap gw bangun pasti ada susu cap beruang di pinggir gw...
    jujur.. dulu gw gak akrab sama bokap..ampe SMA.... gw gak pernah ngobrol serius.. paling cuma bertanya seperlunya..
    setelah gw masuk kuliah... gw baru tersadar... gw menyia-nyiakan waktu gw dengan tidak bergaul sama bokap.. padahal bokap selalu nyempetin buat bersama dengan gw walaupun hanya sekedar say hai doang ...
    sekarang ... gw rubah kebiasaan gw... gw udah terbiara ngobrol bareng bokap.. bahkan kita sering becanda..apalagi kalo abang-abang gw juga ikut nibrung.. suasana semakin rame dan hangat...
    gw seneng banget keluarga gw bisa seperti ini sekarang.. :D

    semoga cepet sembuh ya bro :D

    BalasHapus
  8. jadi inget almarhum bokap gw val, T^T
    jadi sedih, sayangi bapakmu sebaik-baiknya ya
    jangan sampe nyesel kaya gw, jadi sedih T^T

    BalasHapus
  9. Gue juga dulu pas dirawat di rs bokap bolak balik rs-kantor buat rawat. Gantian sama ibu. Sering2 inget gimana susahnya bokap nyari duit aja sih biar gak jadi anak durhaka :"))

    BalasHapus
  10. Huwaaa, jadi nangis kan baca ceritanya TwT
    Lia sih gak deket sama papa Lia, papa Lia jauh~ Jarang pulang.
    Kalo ketemu pun Lia jarang banget ngobrol, mau ngomong sepatah kata pun rasanya takut, kayak bukan ke ayah sendiri.
    Tapi karena baca cerita ini Lia jadi keinget papa Lia yg jauh disana :(
    Kangen banget sama papa :'(

    BalasHapus
  11. ayah emang gitu kok, meski terlihat galak tp mereka memiliki hati yg manis, hati yg sangat menyayangi anaknya. Ah Ayahku jg gitu, malah beliau rela bolos kerja buat nungguin aku di rumah sakit. sayang banget lah pokoknya sama beliau

    BalasHapus
  12. hahaha kampret, bahasa lo mau disuntik mati :D
    ngakak gue, imajinasi kecirit lo liar juga.. gue curiga itu beneran bukan rekayasa.

    Bapak lo keren banget Val.. sampa nangis di depan anaknya. itu artinya beliau khawatir banget sama elo... keren... ceritanya ngejleb banget. gue jadi kepikiran bokap gue di rumah..
    thanks Val.. tulisan elo udah menampar gue dengan seksama akan bokap.

    BalasHapus
  13. salah satu pribadi yang saling menguatkan, ibu penyayang dan sangat dekat dan sabar. ayah kadang sebaliknya. namun dr lubuk terdalam dia benar2 cinta dan syg pada anak-anaknya

    BalasHapus
  14. entahlah, gue malah kebalik bokap yang tepar d RS dan gue nya nangis. itu berarti besarnya kesalahan yang gue lakuin ke bokap.

    dia tangguh menurut gue.

    BalasHapus
  15. Ntah harus bersyukur ato sedih, udah 20 tahun gue hidup, gak pernah sama sekali liat airmata bapak sendiri. Paling sering airmata ibu.

    Gue sih yakin bokap gue orang yang teramat sangat tegar. Pernah satu masa keluarga gue ada kejadian yang sekali seumur hidup gue ngeliat mata bapak berkaca-kaca, muka merah, nahan nangis gitu. Trus bapak langsung ngacir.

    Cerita sakitnya samaan loh dengan gue. Gue di kelas 5 sd divonis kena usus buntu. 2 minggu di RS, trus operasi besar. Nah sebelom operasi, kali pertama liat airmata ibu nangis di samping tempat tidur gue di RS itu. Posisi ibu itu melipat tangan *gaya berdoa* mata merem dan air mata ngalir.

    Bapak itu emang sosok yang tangguh !!

    BalasHapus
  16. Postingan lama gila, Val:D

    Eh, sekarang sudah sembuh belum kamunya? Kayanya waktu itu bilang masih dalam masa pemulihan yak? Semoga cepat sembuh dan sekarang sudah bisa beraktivitas seperti biasa ya.^^

    Salam buat ayahnya. Salam hormat dan salam kagum dari seorang teman anaknya.:D

    BalasHapus
  17. Almarhum bapak gak pernah mewek di depan keluarganya. Tapi ia pernah sedih banget karena habis kecopetan semua uang pensiunnya di bus. Aku jadi gak bisa ikut ujian kenaikan sabuk biru karate. Keadaan keuangan keluarga jadi sulit. :)
    Seorang ayah harus tegar di depan anak-anaknya. Berat emang posisi ayah. Selamat untuk kaum alki, karena kalian akan jadi ayah pada akhirnya. Semoga tegar sebagai qowwam.

    BalasHapus
  18. Jadi terharu bacanya. Memang rasa sayang butuh pembuktian. he he he
    Salah satu yang kupelajari dari ayah adalah beliau tegas dalam memutuskan sesuatu, dan apabila ada yang kurang "pas" beliatu langsung mengingatkan orang tersebut.

    BalasHapus